Internet dan Manfaatnya dalam Kehidupan Sehari-hari

Internet dan Manfaatnya dalam Kehidupan Sehari-hari

Di era digital seperti saat ini, internet tentu sangat dibutuhkan dalam kegiatan sehari-hari. Mayoritas masyarakat menggunakan internet untuk membantu mengerjakan dan menghubungkan. Berbagai aktivitas pun dapat dilakukan lebih efektif dan efisien dengan bantuan internet.

Bagi generasi milenial yang sudah melek telkonologi, mengakses internet bukan lagi hal yang sulit. Namun, bagaimana dengan orang di luar sana yang belum paham dengan internet? Kenyataanya, masih banyak yang kesulitan dalam mengakses jaringan internet bahkan belum mengetahui ap aitu internet.

Berikut ini akan dijelaskan apa itu internet, sejarah dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari.

Pengertian Internet

Internet adalah sebuah jaringan komunikasi yang menghubungkan satu media elektronik dengan media lain secara cepat dan tepat. Dengan jaringan tersebut, Anda dapat menyampaikan berbagai informasi, yang nantinya akan dikirim melalui transmisi sinyal dengan frekuensi tertentu.

Penggunaan jaringan internet memanfaatkan standar global yang disebut TCP/IP. Transmission Control Protocol (TPC) atau Internet Protocol Suite (IP) merupakan suatu protocol pertukaran paket yang dapat digunakan untuk seluruh pengguna yang ada di dunia.

Selanjutnya, proses untuk menghubungkan antara rangkaian internet disebut dengan internetworking.

Sejarah perkembangan internet

Departemen pertahanan Amerika melalui ARPA (Advanced Research Project Agency) membuat sistem jaringan yang diberi nama ARPANET pada tahun 1960-an. ARPANET inilah yang menjadi cikal bakal adanya teknologi internet.

Mulanya, internet hanya bisa digunakan oleh kalangan tertentu saja, dan memiliki fungsi untuk menghubungkan berbagai universitas terkenal di Amerika Serikat pada tahun 1980-an.

Protokol standar dari TCP/IP mulai dipublikasikan di tahun 1982. Menyusul empat tahun kemudian, tepatnya pada tahun 1984, penggunaan nama domain mulai diterapkan. National NSFNET atau Science Foundation Network didirikan dan mulai dikembangkan pada tahun 1986.

Sebagai wadah riset di Amerika Serikat, NSFNET mulai menggantikan peranan ARPANET. Hingga banyak negara mulai mengembangkan jaringan internasional dan dihubungkan melalui NSFNET.

Masuk pada tahun 1990, ARPANET diturunkan dan pada saat yang sama, CERN mulai memperkenalkan WWW atau World Wide Web yang merupakan layanan sejenis dengan basis tampilan grafis. Untuk melayani pendaftaran nama domain dari publik, InterNIC pun didirikan pada tahun 1993. Hingga akhirnya, sekitar tahun 1994, internet mulai masuk ke Indonesia.

Manfaat Internet

Banyak sekali manfaat internet yang dapat kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari, seperti berikut ini:

  1. Bidang Bisnis

Dalam bidang bisnis, internet memberikan begitu banyak manfaat dan keuntungan. Contoh manfaat internet dalam sector bisnis, seperti untuk pembuatan website usaha, e-commerce, bisnis startup, dan industri kreatif lain. Dengan menggunakan internet, jangkauan bisnis dapat menjadi lebih luas karena dapat terhubung dengan seluruh pengguna internet di seluruh dunia.

  1. Bidang Pendidikan

Dalam bidang pendidikan, internet dapat menjadi penunjang proses belajar mengajar. Pengguna dapat mengakses dan mendapatkan informasi pengetahui melalui modul, artikel, jurnal, pengetahuan umum dan lain sebagainya.

  1. Bidang Informasi

Saat mengecek ponsel, mungkin Anda akan menjumpai banyak notifikasi berita terkini di internet secara update. Hal ini dikarenakan internet merupakan penyedia informasi yang jauh lebih efektif dan cepat dibandingkan media elektronik lainnya seperti radio, televisi, dan koran.

  1. Bidang Kesehatan

Dalam bidang kesehatan, internet juga memberikan berbagai macam referensi kesehatan dan layanan untuk pengobatan secara online. Cukup dengan internet, Anda sudah bisa konsultasi dokter professional, mencari berbagai kebutuhan seperti obat, resep, dan gaya hidup sehat.

  1. Bidang Sosial dan Hiburan

Internet sering kali menjadi sarana hiburan bagi generasi milenial. Dengan menggunakan internet Anda dapat mengakses berbagai situs dan media sosial sebagai hiburan. Seperti Facebook, Instagram, Twitter, Youtube, Tiktok, dan lain sebagainya.

Bagaimana, sudah lebih familiar denga napa itu internet? Meski kemudahan mengakses internet sudah Anda rasakan, namun pastikan jika jaringan ini hanya dimanfaatkan untuk hal-hal positif.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*