Mengenal Komputer dan Sejarahnya dari Generasi Pertama

Mengenal Komputer dan Sejarahnya dari Generasi Pertama

Teknologi diciptakan untuk mempermudah pekerjaan manusia. Salah satu teknologi yang banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari adalah komputer.  Bahkan, saat ini komputer menjadi salah satu perangkat yang seakan tidak bisa lepas dari kehidupan sehari-hari. Namun, apakah Anda tahu bagaimanakah sejarah komputer?

Komputer pada awalnya diciptakan bukan untuk menyelesaikan beragam tugas seperti saat ini, karena sebelumnya hanya berfungsi sebagai mesin penghitung. Hal ini merujuk pada kata komputasi yang memiliki arti perhitungan. Sehingga dapat disimpulkan bahwa komputer adalah alat yang digunakan untuk berhitung.

Sejarah komputer cukup panjang, bahkan dapat dikatakan bahwa bibit-bibit komputer sudah ditemukan sejak awal peradaban manusia. Suanpan dari Tiongkok, dan Abacus dari Eropa merupakan komputer sederhana yang digunakan manusia untuk melakukan proses perhitungan secara cepat pada masa itu.

Sedangkan untuk desain komputer dengan pemrograman baru ditemukan pada awal abad ke-19. Charles Babbage, yang biasa disebut sebagai Bapak Komputer merupakan seorang polymath sekaligus insinyur mesin asal Inggris. Beliau membuat penemuan berupa komputer mesin pada tahun 1822. Sayangnya Babbage mengalami kegagalan dalam praktiknya.

Sejarah Komputer Generasi Pertama

Komputer generasi pertama diciptakan pada tahun 1946. Cikal bakal komputer ini masih menggunakan tabung vakum sebagai komponen utamanya. Komputer ini memiliki berat mencapai 30 ton dan kurang efisien karena membutuhkan daya listrik besar dan memiliki panas berlebih.

Perangkat komputer generasi pertama ini masih menggunakan bahasa mesin yang hanya dapat dimengerti oleh komputer itu sendiri. Sebuah pita kertas dan punched card digunakan sebagai input, dan outputnya berupa printer. Biaya yang dibutuhkan untuk mendapatkan 1 unit komputer pun cukup fantastis, yakni mencapai 1 juta dollar.

Sejarah Komputer Generasi Kedua

Pada generasi kedua, komputer yang sebelumnya menggunakan tabung vakum mulai digantikan dengan teknologi transistor. Teknologi ini mulai digunakan sekitar tahun 1959 hingga tahun 1965.

Transitor sendiri memiliki beberapa kelebihan seperti ukurannya yang kecil, tidak terlalu panas, dan minim kegagalan. Komputer pada generasi ini menggunakan bahasa FORTRAN dan CBOL sehingga jauh lebih baik dibandingkan komputer generasi sebelumnya.

Sejarah Komputer Generasi Ketiga

Masuk pada generasi ketiga, bentuk transistor diperkecil dan diberikan IC beserta beberapa resistor dan kapasitor. Komputer generasi ini dikembangkan oleh seorang insinyur listrik yang bernama Jack Kilby.

Komputer ini lebih cepat dan efisien dibandingkan generasi sebelumnya, dan juga merupakan komputer pertama yang menggunakan monitor dan keyboard. Pada masa itu, banyak orang yang mampu membeli karena harganya sudah turun cukup drastis.

Sejarah Komputer Generasi Keempat

Komputer generasi keempat pertama kali dibuat pada tahun 1971 oleh IBM. Disusul dengan perusahan Apple merilis Macintosh pada tahun 1984. Perangkat ini mulai menggunakan microprosessor, dan pada saat itu pula mulai dikenal internet.

Tampilan komputer generasi keempat masih menggunakan satu warna atau green color. Chip sebagai memori komputer juga mulai dikembangkan. Contoh komputer pada generasi ini adalah IBM Pentium II, Apple II, IBM 370, IBM PC/386 dan lain-lain.

Sejarah Komputer Generasi Kelima

Teknologi AI menjadi perkembangan terbaru dari komputer. AI membuat komputer memiliki kecerdasan buatan sehingga dapat melakukan input secara lebih baik. Bahkan Anda dapat menginputkan bahasa sehari-hari, menyesuaikan keadaan, serta mempelajari lingkungan sekitar.

Ada juga LSI atau Large Scale Integration yang memadatkan ribuan microprosessor. LSI yang paling terbaru adalah Pentium Empat yang dikeluarkan oleh Intel Corporation. Komputer generasi kelima memiliki bentuk yang kecil dan sederhana. Namun, komputer ini memiliki kecepatan dan kecanggihan yang tidak perlu diragukan lagi.

Kini Anda sudah tau bagaimana sejarah komputer, bukan? Semoga bermanfaat.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*